Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry

Daftar Isi [Lihat]
Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry
Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry

Perkiraan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry | Bila anda termasuk salah satu yang tertarik untuk memulai usaha dengan jasa laundry, maka artikel ini sangatlah cocok untuk anda baca.

Siapa sangka usaha laundry ternyata memiliki keuntungan yang sangat besar dan membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak.

Bisnis laundry ini masuk ke dalam salah satu peluang usaha rumahan dengan modal kecil dan untung yang besar. Karena hanya bermodalkan mesin cuci, sobat sudah bisa memulainya.

Usaha laundry sangat cocok dijalankan di lingkungan perkantoran, lingkungan industri, lingkungan kampus, perumahan, kontrakan, dan tempat-tempat ramai lainnya.

Biasanya para pekerja lebih suka menaruh pakaian kotornya di laundry, karena mereka sudah disibukkan dengan pekerjaannya. Mahasiswa pun terkadang juga demikian, dan orang-orang yang tinggal di perumahan juga sama. Jadi, berbisnis laundry itu mudah untuk mandapatkan konsumen bila berada di daerah yang strategis.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar, tetapi keuntungannya lumayan lho. Berikut ini adalah perkiraan modal dan penghasilan yang didapat dari bisnis laundry:

Perkiraan Modal Bisnis Laundry

Mesin cuci kapasitas 20 kg (termasuk pengering) x 2 = -+ Rp. 3.000.000,-
Setrika x 3 = -+ Rp. 500.000,-
Timbangan kapasitas 30 kg x 1 = -+ Rp. 300.000,-
Peralatan lain = -+ Rp. 500.000,-
Peralatan pembersih dan pewangi = -+ Rp. 500.000,-
Banner dan brosur = -+ Rp. 500.000,-
Total = -+ Rp. 5.300.000,-

Untuk biaya sewa toko dan karyawan tidak ada karena bisa dilakukan di rumah sebagai pengganti toko, dan dikerjakan sendiri tanpa karyawan.

Pengeluaran Bulanan

Listrik dan air = -+ Rp. 500.000,-

Perkiraan Keuntungan Usaha Laundry

Sekarang ini harga umum laundry pakaian adalah Rp. 6000/kg dan misalnya sobat mendapat pelanggan sebanyak 50 kg/hari selama sebulan, maka hitungannya sebagai berikut:

Rp. 6.000 x 50 kg x 30 hari = Rp. 9.000.000,-

Keuntungan per bulan – pengeluaran bulanan = hasil akhir

Rp. 9.000.000 – Rp. 500.000 = Rp. 8.500.000,-

Kesimpulan: Dengan bermodal sekitar 5 jutaan, anda sudah bisa memulai usaha laundry di rumah sendiri dan dengan tenaga sendiri. Walaupun memang melelahkan. Tapi jika sudah memiliki banyak keuntungan, anda bisa saja menambah tenaga kerja dengan mencari karyawan. Toh, keuntungan yang didapat tetap besar, apalagi jika jumlah tenaga alat dan manusia ditambah.

Tetapi semua perhitungan di atas hanya perkiraan saja, bisa saja jumlah harganya lebih murah atau lebih mahal. Dan bisa juga keuntungan yang didapat lebih besar dari yang disebutkan di atas apabila dilakukan dengan profesional.

Itulah pembahasan singkat tentang perkiraan modal dan keuntungan dari bisnis laundry. Semoga bermanfaat..